SEJARAH MESIN DIESEL

Ringkasan Sejarah Mesin Diesel

Sebelum ada nya mesin diesel, mesin kendaraan awalnya menggunakan teknologi pembakaran dalam yang di prakarsai oleh Nikoulas Otto asal German pada tahun 1876 dan pada tahun 1886 Karl Benz berhasil mendapatkan hak paten untuk mesin bensin.

Awal Mula Mesin diesel dikembangkan pada tahun 1892 oleh seorang insinyur Jerman yakni Rudolf Diesel Ia menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Rudolf memiliki hak paten pada 23 Februari 1893 yaitu “mesin dengan proses dan aplikasi penggerak pembakaran internal”, prinsip dasarnya adalah ketika diperoleh tekanan ekstrem maka suhu dalam ruang pembakaran internal akan meningkat, dan hal ini dapat digunakan untuk menyulut bahan bakar. Mesin diesel buatan Rudolf mampu menunjukkan efisiensi di angka 26,2 persen. Dibandingkan dengan mesin uap yang populer pada abad tersebut, mesin yang dikembangkan Rudolf lebih efisien mencapai 16,2 persen apabila di bandingkan dengan mesin sebelumnya.

Pada tahun 1900 Rudolf Diesel mengadakan pameran hasil penemuannya di ajang Paris Expo, Rudolf berhasil mengembangkan mesin dengan bahan bakar dari minyak kelapa, ini yang menjadikan penemuan Rudolf Diesel sebagai mesin bio diesel pertama di dunia. Sejak tahun 1893 hingga saat ini mesin diesel masih banyak digunakan oleh pabrikan mobil dan mesin mesin.

Mesin diesel ini memiliki keunggulan torsi yang lebih tinggi dan pembakaran yang lebih bersih sehingga menghasilkan tenaga yang di hasilkan lebih besar. Namun bukan berarti mesin diesel tidak memiliki dampak buruk bagi lingkungan, salah satu pencemaran lingkungan dari penggunaan mesin diesel ini adalah asap yang dikeluarkan memiliki banyak unsur PM dan NOX.

BIOGRAFI Rudolf Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel adalah seorang ilmuan yang berhasil menemukan mesin diesel, beliau terkenal karena penemuannya, beliau lahir di Paris dan meninggal secara misterius di kapal fery dalam perjalanannya menuju Inggris.

Nama : Rudolf Christian Karl Diesel
Kelahiran: 18 Maret 1858, Paris, Perancis
Meninggal: 29 September 1913, Selat Inggris
Kebangsaan: Jerman, Prancis
Pendidikan: Universitas Teknik M√ľnchen
Penghargaan: Medali Elliott Cresson (1901)
Anak: Eugen Diesel, Rudolf Diesel Jr., Hedwig von Schmidt, Heddy Diesel

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top